Tulis & Tekan Enter
Logo
images

Makassar, 21 Oktober 2021,
Karantina Pertanian Makasar dengan media massa ibarat simbiosis mutulisme, satu pihak butuh saluran untuk menderaskan informasi sementara pihak lain membutuhakn konten atau berita untuk disampaikan ke masyarakat.
Belajar dari hal tersebut, Karantina Pertanian Makassar menggandeng awak media (online maupun offline) mengadakan obrolan santai bertajuk sosialisasi Undang - Undang Nomor 21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.
Acara tersebut digelar sebagai upaya Karantina Pertanian Makassar dalam meningkatkan silaturahmi dengan awak media dan platform sebagai penderasan informasi akan pentingnya Karantina Pertanian bagi lalulintas komoditas pertanian di Sulawesi Selatan. Selain memperkenalkan para pejabat struktural dan tim Humas Karantina Pertanian Makassar kepada awak media.
"Terima kasih kepada rekan-rekan media yang selama ini membantu menginformasikan tentang karantina pertanian kepada masyarakat. kami berharap Karantina Pertanian Makassar dengan Media dapat bersinergi untuk menyebarluaskan informasi tentang perkarantinaan" ungkap Kepala Karantina Pertanian Makassar, Lutfie Natsir.
Lebih lanjut, Lutfie Natsir juga memaparkan tindakan karantina (8P) yang meliputi Pemeriksaan, Pengasingan, Pengamatan, Perlakuan, Penahanan, Penolakan, Pemusnahan dan Pembebasan yang dilakukan disejumlah wilayah kerja Karantina Pertanian Makassar.
Luasnya wilayah layanan Karantina Pertanian Makassar sangat membutuhkan bantuan dari awak media agar masyarakat semakin sadar untuk lapor karantina.
Dalam UU No 21 Tahun 2019, selain menjaga negara dari ancaman HPHK dan OPTK, ruang lingkup karantina pertanian juga mencakup pengawasan dan/atau pengendalian Keamanan Pangan dan Mutu Pangan, Keamanan Pakan dan Mutu Pakan, Produk Rekayasa Genetika, Sumber Daya Genetika, Agensia Hayati, Jenis Asing Invasif, Tumbuhan dan Satwa Liar serta Tumbuhan dan Satwa Langka.
Dengan ruang lingkup yang semakin luas ini, media massa diharapkan mampu menjembatani antara Karantina Pertanian Makassar dengan masyarakat sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang aktif dan sadar karantina melalui tagline #LaporKarantina.
Mari Bersinergi Lindungi Negeri
 

Data Statistik

LINK TERKAIT